Boleh saja sales kendaraan roda dua tahun ini turun 2,7% dibanding tahun lalu. Namun hal ini sepertinya tidak terlalu berpengaruh terhadap market share pabrikan sayap mengepak. Terbukti posisinya makin berkibar menguasai 55% pangsa pasar nasional…
Kuartal I (Januari-Maret 2012) tahun ini, secara total Honda telah berhasil menjual 1.063.695 unit sepeda motor atau meningkat 7,5% dibanding tahun lalu (989.862 unit). Padahal kalau dikalkalusi secara total, tahun 2012 terjadi penurunan sales kendaraan roda dua sebesar 2,7% (1.931.677) dibanding tahun 2011 (1.985.800 unit). Hasil brilian ini tidak lepas dari varian matic yang menjadi sumbangsih terbesar penjualan squad Honda….
Sebagai contoh Honda BeAT. Skutik ini telah terjual sebanyak 314.263 unit atau tumbuh sebesar 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 237.631 unit. Disusul Honda Vario series yang terjual 232.059 unit. So…secara total skutik Honda pada periode ini telah terjual 649.794 unit dengan tambahan penjualan 46.800 unit Honda Scoopy, 55.757 unit Honda Spacy series, dan 915 unit Honda PCX. Yup…predikat Honda sebagai Raja Motor Skutik semakin kokoh setelah meraih 61,6% pangsa pasar. Terus gimana dengan varian lain??….
Di segmen bebek, Honda berhasil menjual 366.829 unit. Angka tersebut sudah cukup menjadikan posisinya sebagai raja motor bebek dengan 57,3% pangsa pasar. Dengan komposisi Honda Revo series sebesar 127.374 unit, Honda Supra X125 series sebesar 176.155 unit, dan Honda New Blade sebesar 63.300 unit. Sedang segmen sport, penjualan AHM disumbang oleh Honda MegaPro series sebesar 34.229 unit, Honda Tiger series sebesar 6.409 unit, Honda CBR series sebesar 4.446 unit, dan Honda CS1 sebesar 1.988 unit. Jika dilebur menjadi satu…maka market share pabrikan sayap mengepak kuartal satu mencapai 55% atau lebih besar 18% dibanding kompetitor terdekatnya Yamaha……(iwb)
Leave a comment