Ban gambot ternyata tidak mempengaruhi kinerja mesin Yamaha YZF R-15 versi 2.0. Hal ini dibuktikan oleh salah satu tayangan video Youtube yang diupload oleh Power to the Rider….
Diterangkan oleh T. Kobayashi (R & D Head Yamaha India) bahwa sasis/frame R15 versi anyar ada beberapa ubahan khususnya bagian buntut yang sedikit lebih nungging. Kemudian desain knalpot, menukik keatas disesuaikan garis buritan. Dari segi handling yang paling penting adalah swing arm aluminium. Panjang molor 55mm dibanding versi lawas mendongkrak kestabilan pada high speed. Selain itu…seat height versi 2 bertambah tinggi 10mm…membuat posisi duduk membungkuk dengan sempurna jika dibutuhkan. Begitu pula desain fairing. Pada versi 2.0, hempasan angin dari depan bisa dikurangi 4% menjadikan motor berbanderol 21jutaan tersebut tidak mengalami penurunan top speed kendati bobot bertambah gambot. Terus gimana dengan accelerasi??..
Cukup cepat mzbro!. Dari 0-60 km/jam….YZF R15 versi 2.0 membutuhkan waktu 4.2 detik. Terus….0-100 km/jam tembus 11.3 detik. Bandingkan dengan R15 (old) versi full racing Daytona dimana 0-60 km/jam – 3.1 detik, 0-100km/jam – 10detik. Hhhmm…lumayanlah, selisih satu detik melawan motor oprekan kalau melihat ban gambot plus bobot melar 5 kg. Btw…untuk melihat review secara langsung, monggo intip aja videonya dibawah ini. Semoga berguna……..(iwb)
Leave a comment