Artikel ini memang bukan IWB pribadi yang melakukan pengetesan melainkan salah satu pengunjung blog…bro Daniel (thanks bro) yang sudi bersusah payah ngetest dijalanan bersama HP Nokia X7 diintegrasikan dengan aplikasi (masih belum ngeh…Garminkah??) serta tidak lupa menjepretnya guna dishare buat kita semua….
Menurut pengakuan doi, untuk menjaga laju motor konstan diangka 40 km/jam lumayan menguras tenaga. Apalagi ada satu boncenger yang bertugas mengabadikan angka-angka yang tertera. Ada tiga kuda besi yang ditest yakni Honda CBR150r, Kawasaki Ninja250r serta yang terakhir KLX150. Dan berikut hasilnya…..
Untuk CBR150r…ketika angka speedometer menunjuk 39km/jam….GPS berhenti diangka 37km/jam. Hanya beda 2 km/jam. Kemudian…Ninja250r. Speedo analognya coba dipanteng pada angka 40km/jam. Berapa GPS yang diraih??….37 km/jam mzbro alias hanya meleset 3km/jam. Dan yang terakhir adalah sipenggaruk tanah. Yup…KLX150 hanya beda 4km/jam dikomparasi dengan GPS (40km/jam vs 36km/jam)…..
Itulah hasil testing dari Bro Daniel yang dikirim doi via email IWB ketika speed motor dipacu konstan diangka 40km/jam. Btw…setidaknya kita mendapatkan gambaran akurasi ketiga kuda besi dibanding GPS pada kondisi low speed. Sayang…bro Daniel tidak melakukan pengetesan pada high speed. Sebab sudah lazim semakin kencang motor, biasa penyimpangan juga makin besar. Ada komentar mzbro???….(iwb)
Any Questions ?
LikeLike
Baca Dulu
LikeLike
Sapu Bersih
LikeLike
begitulah…
LikeLike
speedo dgitalnya lmyan akurat y mas????
LikeLike
hhhmmmmzzz…
LikeLike
apik mas bro 🙂
LikeLike
Manteeepp
LikeLike
spedo digital macam cbr pun msh bisa selisih
LikeLike
melesetnya berapa bagiku bila kecepatan spido 100kpj. jd lebih gampang prosentasenya.
LikeLike
Nitip nih masbro komparasi speedo tiger, tapi sayang ga pakai screenshoot, cuma data ditampilkan dlm bentuk tabel
https://tuanlee.wordpress.com/2011/10/12/akurasi-speedometer-honda-tiger-revo-dan-honda-scoopy/
LikeLike
pulsar??
Kan pulsar terkenal akurasinya
LikeLike
hmmm…coba di atas 40 kpj, biasa ny makin menggila penyimpangan ny…gk perlu ampe 100an, cukup di atas 40kpj – 60kpj – 80kpj udah bs jd gambaran utk diambil rata2 penyimpangan ny brp kpj…
*tp tetep nice share dan ane menghargai bgt usaha pengunjung blog yg udah mengcompare…
LikeLike
Wah klx paling lebay spidonya berarti ya? 😀
LikeLike
paling akurat spidometer CBR ya bro??
LikeLike
10 persen selisihnya
http://keshamotor.wordpress.com/2011/10/15/penampakan-motor-bebek-ber-laptop/
LikeLike
Sebenarnya GPS kan juga ada penyimpangannya.
LikeLike
si CBR ternyata jga menyimpang ya speedometer nya.,padahal kata para fans boy paling akurat..,ternyata cuman abaab/Hoax…….
LikeLike
Lho dibanding keakuratannya N250 kan masih lebih mendekati keakuratan speedonya CBR,..
LikeLike
nggak ada yang pas
LikeLike
Sayang sekali komparasinya ga dikisaran 80 kph ke atas, jadi kurang representatif menampilkan diferensiasi motor2 tsb
LikeLike
sebenernya di 100km ke atas msh akurat cbr 150 di banding n250 (mungkin cbr digital) cbr selisih skitar 7-9kpj sdgkn n250 9-12kpj cuman sy susah motonya (jalan raya) not safety. cuman yaitu alatnya hanya hp yg berGPS bukan macam Vericom yg lbh akurat, cuma buat gambaran saja…
LikeLike
emangnya pake GPS juga akurat ??
gak juga kaleeeee…..
LikeLike
oh ya untuk klx nda bgt di 100kpj selisih sampe 15-19kpj mungkin krn ban ‘tahu’ kali ya…
LikeLike
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/15/kisah-seekor-anak-singa/
LikeLike
Emang spidonya kawak lebay 😀
LikeLike
kondisi ban depan(buat yg masi pake spido analog+pake kabel),ban belakang (buat yg pke spido digital+g pake kabel spido)jg pengaruh,apakah dlm kondisi standar,ato kempes,gundul,ato dah di gedein/di kecilin..
LikeLike
Cakep.
Nitip sarapan bubur di pagi hari
LikeLike
hari gini masih cari top speed….? kl di lampu merah masih ketemu juga buat apa..?
LikeLike
memang yang digital selalu lebih jujur, sama kayak CS1 temen yang gak ada penyimpangan 1 kpj pun !!
LikeLike
Artikel lebay….
Lah wong selisih segitu jauhnya kok dibilang nyaris akurat…. Liatnya prosentase dong….
LikeLike
@Mercon: Berarti Casio selalu lebih akurat daripada Rolex….?? Gak juga kali y….
LikeLike
http://bennythegreat.wordpress.com/2007/03/04/akurasi-speedometer-vs-gps/
pulsar : speedometer 60km/jam, on gps 59.6km/jam.
No hoax..
Selisih 0,4km/jam.(by vericom)
Ga heran pabrikan jepang memang lebay.
Ga hanya nampilin power, tapi nampilin kecepatan on speedo.
LikeLike
itulah guna speedo yg menyimpang..biar klo liat angkanya udah tinggi udah ga urut gas lg..biar lebih pada ati2..hahahaha
LikeLike
Kalo piksen yang dicoba gimana hasilnya..?
LikeLike
@anton,
tergantung ridernya bro….
Percuma penyimpangannya sampai 50% pun. Yang penting bisa ngebut.
Lihat saja para rider pulsar(pulsarian)
slow moving bro…
Ga kaya rider ninin yg seperti kebelet BAB, slip kiri slip kanan ga pake sein (lah wong sein nya ga ada)ga semua sih,tapi rata rata.
padahal sudah jelas di speedo lebih akurat pulsar.
Xixixixi
real, no hoax
LikeLike
makin tinggi penyimpangannya serasa makin kenceng….
LikeLike
Nice info…
Tp… Klo mao ngbut jngn patokan spedo…
Yg pntng gas full… 😀
LikeLike
nice artikel, tapi bisa memicu bakar2an nih
http://lovemybike.wordpress.com/2011/10/16/vixion-karburator-serasa-punya-motor-baru/
LikeLike
http://lovemybike.wordpress.com/2011/08/21/perbandingan-akurasi-speedometer-old-cbr-150-vs-cbr-150-fi
neh bro artikel pengunjung IWB (bukan punya ane lho)
lengkap dengan top speed on speedo n GPS
LikeLike
sama kayak CS1 temen yang gak ada penyimpangan 1 kpj pun
================================================
gak ada penyimpangan 1 km/h??
berarti bisa 10 ato 15 km/h dunk.hahahahaha
hari gne masih katanya-katanya??? gak jaman
LikeLike
lam knl..ane jg bru ja tes 2 motor mx dan fu klw jalan pelan di 20km/j sama di gps jg 20km/j tapi klw dh di 80km/j ke atas mulai ngaco… Tes pake gps nokia 5730 pake aplikasi racechrono
LikeLike
@Rollerman
bwakakakakakakakakak artikel lawas ny bro lovemybike di angkat kembali…jgn begitu kasian FBH kuobong tenan rek…
@mercon C
masa iya? gk ad penyimpangan nya? wah ane jg pernah tes jalan barengan ama cs-1 temen 20kpj aja…kok sama ama speedo Vixion ane? bahkan sampe 30 kpj masih sama akurat ny (baik CS-1 maupun Vixion sama2 menunjukkan di 30kpj dan ber-iringan sejajar)…
LikeLike
Saran aja. Kalo emAnk mau ngetest kecepatan. Pake spedometer di iphone. Ngukurnya pake sensor2 yg di punya. Gyro-acelo-3axis plus gps. Jadi lebi akurat. Gps ga nyalapun tetep jalan. Aplikasinya. Emank semua motor punya penyimpangan. Ingat loh spedo meter jalanya pake sensor yg di taroh di ban depan. Contohnya. Kemungkinan terjadinya penyimpangan itu pasti. Jadi kalo ada yg bilang merek X akurat : hoax. Lalu kenapa analog terlihat lebi pebay. Nah itu karena kalian ga bisa ngitung satuan. Sementara digital bisa satuan. Jadi wajar kan. Cbr tertulis 39 ninja mungkin 39 klx juga 39 tapi karena posisi pandangan kita agak ke kiri jadi 40. Kalo mau yg akurat sebaiknya spedonya di ganti alias di costom semua. Dengan merek yg sama. Terus di betot pada ke epatan yg sama. Jadi kita bisa tau masalahnya di kitanya. Atau di sensornya
LikeLike
Tinggal dikali + perbandingna aja Mas Iwan..
Misalkan:
CBR (39 : 37) x 4 = 156 : 148
Ninja (40 : 37) x 4 = 160 : 148
KLX (40 : 36) x 4 = 160 : 144
Tapi biasanya speedo digital agak sedikit lebih akurat dibanding analog, karena pergerakan analog hanya mengikuti magnet atau apalah gitu yang ada di dalam speedo, so kalau yang gerakin speedo itu macet atau terlalu kendor ya keakuratan akan semakin berkurang.. IMHO loh itu.. CMIIW
LikeLike
si virus gobl0k byk omönk, dsr pembual loe! Mukeloe neh kek bo ol ayam soe!
LikeLike
komentar ya?…..hm…
1. salut untuk bro daniel mengendarai motor dalam kecepatan standard safety riding (penekanan pada RIDE-ing bukan safety gear) dalam test kali ini.
2. bro daniel motornya banyak juga ya, boleh pinjem satu utk dipake kondangan?
LikeLike
trus nasib nya speedo analog lebay yamaho gmn gan??
LikeLike
selama acuan pengukuran kec speedo masih pada putaran roda, pasti masih ada penyimpangan. semua tergantung dari besarnya diameter pada saat pengetesan. ketika ada perbedaan kekerasan ban, akan mengakibatkan diameter ban akan ada penyimpangan. dan angka di speedo juga pasti akan berbeda. untuk coba, silahkan ukur untuk motor yg sama dengan ban yg beda diameter khususnya ban depan tempat kabel speedo nempel.
LikeLike
Sekilas info agan2 sekalian: Lorenzo n Spies ga ikut race hari ini karena crash di warm up, Lorenzo bahkan harus diterbangkan untuk operasi
LikeLike
@ virgo, lu g usah lebay bro,, semua org di situs indomotoblog juga tau bhw mrk yg lu sebut itu cuman barisan sakit jiwa yamaho, so akhirnya kena batu nya! biasa z laagh..
LikeLike
Udah jangan pada ribut bro, baca ini dulu nih:
https://tuanlee.wordpress.com/2011/10/16/lorenzo-dan-spies-absen-di-race-motogp-australia-stoner-di-ambang-persiapan-selebrasi-juara/
LikeLike
Dari kemarin nunggu keakuratan speedo CS1 vs MX vs GPS, Ayo kang di ulas…
LikeLike
:wow: 👿
LikeLike
😮 👿
LikeLike
tambah mas brooo,
saya pakai honda ex-5 dream,
speedometer menunjukkan 80 km/j , runtastic menunjukkan 67 km/j
wkwkwkwkwkwkwk …. ini serius, beneran saya coba 🙂
LikeLike
BC??lha emg fakta???
fakta kok dtutupin.mangakanya jadi manusia jangan fanatik merk,merasa produk H sempurna.padahal gak ikut punya saham d Honda tapi merasa jadi bagian Honda.NGIMPI!!!
Yamaha n HOnda emg jago BC,bedanya Yamaha BC d dunia maya (lewat Fan Boy,kalo dealer sih sembunyi2).tapi Honda mulai Dealer,Sales,hingga Konsumen sama2 suka BC bahkan sampe di dunia nyata
salut deh ma HOnda,bahkan Yamaha aja kalah tuh BCnya
LikeLike
org filipina ngetest, cbr150 ditemani yamaha sniper bore up 150cc, dari awal sudah kalah bin jauh bedanya yamaha bore up dan tune up jelas melesat jauh meninggalkan cbr150 yang full standard pabrik
tapi tujuan utama bukan ngadu kenceng. tp liat akurasi speedo digital si cibir
hasil : cbr negara sono yg sptnya mesinnya lebih bagus drpd cbr ahm yg konon downgrade power , berhasil menembus 152 kmh di track yang sangaaattt amaaatt panjang. mungkin 2 kilo ada. dan di gps gmn??
152 speedo = 134 gps. silahkan hitung sndiri bro perbedaannya. hehe
yg pasti agak besar juga melencengnya. cuma gak selebay kawasaki ninja yg mas iwan ngetest kmarin2.. haha
LikeLike
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/16/abu-nawas-satu-dinar/
LikeLike
ane pernah test juga di old cbr 150. 100 kpj di speedo 86 kpj di gps. makin parah di 165 kpj speedo cuma 136 kpj aja di gps. yah penyimpangan antara 16 – 18 % di kec tinggi.
LikeLike
makin kenceng makin ngaco…
LikeLike
analog yamaha lah yg paling akurat brow.. Gw udh test sendiri hasilnya 131kpj di spido vixien 90kpj di gps garmin! Mantap g tooh..
LikeLike
^ Waduh
LikeLike
FANS2 YMH FRUSTASI… R15 DAH GA KELUAR DIMARIH … KALO KELUAR JUGA BAKAL DIASAPIN SATRIA FU AMA CBR 150..
SIBUK NGURUSIN SPIDO CBR 150..
PARA FBY YG BARU…
LO SEMUA SADAR YAH !! YG AWAL2 SUKA BC ITU SALES2 YAMAHO DAH GW PERHATIIN DARI 2009… SOK BUKAN MAIN.. MENGHINA SANA SINI… KALO YMH MENANG DI GP…
DAN SEKARANG DAPAT KARMA DARI KESOMBONGAN MEREKA DULU.
LikeLike
lah, pada ribut ndiri. Kebun binatang pindah dimari.
Helooo…. GPS kerjanya tergantung jaringan opsel juga kan? Ada idle dikit dah kacau hasilnya. Yang buat ngetes juga bukan GPS standalone yg diakui paling akurat (itupun masih ada selisih, kalau ngukur jarak bisa 3 meter) daripada GPS ponsel. Masih ribut, emang kuat beli motornya? 😀
LikeLike
wkwkwkwkwkwkwk…FBH nesu nesu…
LikeLike
omg haha yo http://t81.ultraphotosend.com/dn.php?q7d3u6o-Picture02.JPG
LikeLike
@65 Nha koplak
parah komennya…
sensornya rusak mas IWB…
LikeLike
@ 68. ax125
Sorry mzbro…baru buka blog. Sudah saya hapus…
@ All
Nyuwun sewu berdebat boleh mzbro….tapi mohon ada etika penulisannya kang. Byuh mumet saya bacanya….
LikeLike
Pake 3 satelit baru hasilnya akurat…dan alatnya bukan ponsel tapi GPS yg memang buat ngukur pergerakan(sotoy.com)
LikeLike
Fyi, design speedo memang didesain tidak sesuai dengan aslinya, dengan ratio standar tentunya. Dan jadi point standar sertifikasi oleh regulator. Boleh dicek bro. Itu semua masalah safety saja. Kalau mau akurat ya pake pitot tube kaya pesawat, dijamin akurat
LikeLike
lumyang bisa mengetahui kenyataan sesungguhnya.. tidak semuanya selalu tertera dg pas didepan mata..
LikeLike
@ chuu
jelas aja itu snipernya udah korekan full sementara cbrnya std. Terus rider cbr juga buat dalam posisi racing lihat aja shifting gearnya gak di redline. ( imho kalau mau top speed cepet shifting harus dekat red line 11.500 rpm, coba cek video cbr 150R top speed 165 km/h itu gak lama dan shifting dekat redline ) lagipula spek indo sama kaya philipine
LikeLike
@ chuu
jelas aja itu snipernya udah korekan full sementara cbrnya std. Terus rider cbr juga gak buat dalam posisi racing lihat aja shifting gearnya gak di redline. ( imho kalau mau top speed cepet shifting harus dekat red line 11.500 rpm, coba cek video cbr 150R top speed 165 km/h itu gak lama dan shifting dekat redline ) lagipula spek indo sama kaya philipine
LikeLike
untuk kecepatan bawah semua motor penyimpangan ga bgitu gede. tapi klo udah mulai kenceng, berasa deh penyimpangannya. di artikel saya, dapat tes cbr 150r yg lama dimana pd saat run di 150km/jam lebih dikit kebaca 132km/jam on gps.. adalagi yg buat penyimpangan lumayan gede yaitu pembacaan analog di speedometer yg dibandingkan ke digital gps (cbr 150r yg lama, ninja 250 speedo nya pake analog)
——
http://www.dk8000.co.nr
LikeLike
lah kan memang sdh saya blg tujuannya bkn balapan cuma cek speedo-gps. gak relevan ngebahas udah korek apa blm, shifting technique dll. jangan OOT. yg dibahas top speed sedapatnya diraih dengan gps
spek cbr150 indo sudah diramu ahm sedemikian rupa agar katanya bisa minum premium. performance turun sedikit/tidak? sugesti atau bukan saya coba saja lgsg cbr warna whiteredblue punya kawan.. memang tenaga keluar cukup mantap kalau sudah masuk area 7000 rpm ke atas sampai redline, tapi pas sudah masuk 130 on speedo dah berat naiknya lama.. gak seenteng yg versi youtube. pdhal sdh pakai pertamax. tpi kalo mao 160 sih.. btul2 amat sangat meragukan. di jalan tol baru dapet x haha
dgn bandrol 33 juta, buat lari new cbr saya rasa pas2an. lemot nggak, kenceng juga nggak. jebol jg lama2 kalau harian dipanteng deket redline trus. memang motornya bukan buat kenceng2an di track lurus. tp nilai lebih ada pas buat nikung miring2 dia nyaman dan stabil baik sndiri maupun boncengan. buat kenceng2an no way bgt pilih new cbr. lbh cocok buat bawa harian mejeng tampang
LikeLike
@Choi
hmmm…seperti ny klo utk kenceng2an ato pangkas waktu perjalanan lewat jalan PANTURA…lebih cocok motor 250cc yah…secara durability akan lebih tahan di pake dimana lebih bnyak betot gas nya…klo utk 150cc emg lebih tepat utk dalam kota…tentu nya ini di dalam hal kondisi motor standart baik yg 250cc maupun yg 150cc…
LikeLike
Hmm makanya baca spek choi, cek di philipine speknya sama euy 17,8 ps. Terus gue bilang yang di video itu belum top speed dodol ! Kalau mau dpet top speed tinggi ya memang harus shifting di redline. Dan memang dapet kok 160 km/jam. Di My motobike udah di catet VERSI AHM TOP SPEED ON VERICOM 140 KM/JAM HANYA DALAM 1KM. Kok lo nyambung2 motor rusak lah apalah. Lo sales ye ?
LikeLike
@virus : betul stuju skali bro. 250cc lewat pantura akan sangat nyaman dgn power yg besar. 150cc lebih ekonomis untuk dalam kota tentunya. hehe
dendi : spek gak ngaruh klo gw dah testride langsung. lah situ kok emosi2 sih nanggepin pendapat saya. hihihi. yasudah saya tunggu aja video cbr di indo yg bisa 160. sampe ad bukti lgsg bru percaya wong sudah saya testride sendiri kok
shifting redline buat optimal ngejar topspeed betul kok
geber redline terus buat pemakaian harian resiko mesin bisa cepet jebol juga betul
justru yg gw liat2 u kyknya seru bgt ngebelain 1 merk di semua blog. jd konsumen tu hrs realistis bro. gw cuma berpendapat aja. kok pake dodol dodolan segala lah, gw sales lah. kalem aj x debat mah sesuai fakta. tp kalau anda fansboy sih beda cerita 🙂 yg jelas gw pihak netral
sekali lagi : saya tunggu aja video cbr di indo yg bisa 160. sampe ad bukti lgsg bru percaya. kalau memang ada ya udah gw percaya deh video kan fakta bukan omongan doang
bagi gw new cbr150 buat lari kurang nampol mao dikata ap lg memang dicoba nyatanya gitu. kencengan cbr karburator versi lama. tp nikungnya enak dan sasis motor mantap juga gw akuin
LikeLike
bro daniel
koleksinya serem2 euy….
LikeLike
speedo rata2 errornya 8-10% kok, jadi hi speed tinggal di kira2 aja sendiri
LikeLike
di brosur luar negeri gw pernah dapet, ninja 250r kec 65 mil/jam (104 km/jam) spedometer = 59.5 mil/jam on gps. Kalo dihitung ketemu 91%. So top speed on gps 146 km/jam = 160 km/jam on spedometer. Kl dibandingkan dg ninja 150rr seperti hasil mas iwan kemarin ya ga beda2 amat, sama2 di kisaran 146 km/jam (wlpun dispedometer 185-190 km/jam), dg cbr 250r jg dikisaran itu. Tp yg membedakan adalah siapa yg paling cepet nyampe top speed itu yg terkenceng, meskipun cbr jg top speed sama tp butuh trek yg lebih panjang lg dari kedua motor ninja makanya paling lemot kl diadu
LikeLike
Klo mau akurat gk usah pake gps,hitung aja pake rumus v:s/t misal kt menempuh jarak 100m dalam waktu 10 detik jdi kecepatanya 100/10: 10m/detik, trus bandingin ama yg ada dispidometer,jadi tau selisihnya,gps hp kurang akurat mas
LikeLike
Bang IWB kurang digas pol nih. Minimal 80 kpj. Menggunakan rumus apa saja bisa ko’. Hanya saja, tapa bantuan alat perekam kecepatan kita rasa kurang akurat nanti hasilnya.
@Umbaran: Ide yang sederhana 😀
LikeLike
Klw cbr ane percaya, krna sudah tes sendiri pakai gps samsung androit. Ane tes di kecepatan 50 kmh selama lebih dari 5 menit dan hasilnya max speed di androit 48 kmh, inget ngetesnta pertahankan kecepatan yg akan diukur minimal 5menit, semoga bermanfaat untuk cbr lovers biar hati2 klw ngebut, terimakasih
LikeLike