Brother…sebagai biker yang yang tidak pernah mencicipi moge macam Ducati, tentu suatu kepuasan tersendiri bisa merasakan supermoto racikan pabrikan Bologna Italia. Erangan engine L-Twin cylinder benar-benar membuat penasaran siapa saja yang mengaku sebagai biker sejati….
Thanks buat mbah dukun atas kepercayaannya sehingga IWB bisa ngetest secara langsung dijalan raya. Ducati supermoto….ground clearance termasuk friendly user (825mm) . Terbukti walau IWB hanya bertinggi 170cm kaki masih bisa menjamah tanah dengan gampang (jinjit detect 😆 ). Sensasi nyemplak Ducati Hypermotard 796…wih pede, serasa gagah bener. Stang baplang, kaki-kaki kekar plus raungan engine bak mobil memecah suara ramainya lalu lintas. Hasilnya…menarik perhatian semua orang dijalan raya….
Test dimulai. Pertama kali menggerakkan stang, Hypermotard 796 jauh lebih enteng dibanding Yamaha FZ8. Hal ini akibat bobot kosong yang hanya sekitar 167kg. Bandingkan dengan FZ8 yang mencapai 220kg. Hasilnya…uenak tenan buat membelah kemacetan. Ketika melaju, feeling tidak seperti nyemplak moge. Disinyalir akibat bodynya yang termasuk ramping dan jangkung. Gimana dengan respon mesin??…weh, kalau ini jangan ditanya mzbro. Bagi brother yang belum pernah nyemplak moge sangat tidak disarankan asal muntir gas. Karena itu, IWb berhati-hati setiap open throttle siHypermotard. Namun seiring berjalannya waktu, keberanian mulai timbul untuk membetot simerah dan berikut impresi yang IWB dapatkan….
Sekali meraung…tendangan tenaga bikin body gede supermoto mau loncat. Alhasil badan serasa terlempar kebelakang (ibarat rambut nggak hanya dijambak lagi tapi sudah kategori dicabut 😆 ). Kalau sampeyan tidak waspada, bisa jadi grip tangan lepas dari stang. Makanya IWB mencengkram kuat grip gas siMotard setiap geber. Gear 3 hanya butuh 4ribuan rpm untuk meraih kecepatan 90km/jam. Accelerasinya gimana?? bikin ciut nyali mzbro. Maklum seumur hidup paling top hanya testing NSR150, RGR150 serta Ninja 2tak 150cc series. Dan tenaga mereka tidak ada seujung kukunya dengan Ducati Hypermotard 796. Power 81hp versus 30hp….hampir tiga kali lipat. Belum lagi torque yang mencapai 75nm@8000rpm. Wis sampeyan bayangin sendiri. Siapa berani ekplorasi rpm diatas 6000 dijalan raya??…sama saja mencari celaka. Jarum 4000rpm aja sudah nggegirisi. Untung suspensi upside down Marzocchi 43mm dikombinasikan rem cakram Brembo kaliper 4piston cukup ampuh meredam keganasan engine….
Top speed Supermoto Ducati ini mampu tembus hingga 205km/jam. Konsumsi bensin lumayan irit untuk ukuran moge yakni 1 : 20km (Pertamaxplus). Asyiknya, tidak perlu sering nyambangi kedealer resmi sebab Ducati mematok angka per20ribu km servis berkala. Last…bagaimanapun moge jauh berbeda dengan motor produksi masal yang bertebaran ditanah air. Power, handling, pride dan tentu harga yang kudu ditebus. Tertarik?? monggo siapkan doku sekitar 275juta. Dengan senang hati mbah dukun aka bro Satar alias indobikermags akan siap membantu sampeyan semua…..(iwb)
Spesifikasi Ducati Hypermotard 796
Engine Type
L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air cooled
Displacement 803cc
Bore x Stroke 88x66mm
Compression ratio 11:1
Power 81hp (59.6kW) @ 8000rpm
Torque 55.7lb-ft 7.7kgm @ 6250rpm
Fuel injection
Siemens electronic fuel injection, 45mm throttle body
Exhaust
Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter with twin lambda probes
Transmission
Gearbox 6 speed
Ratio
1=32/13 2=30/18 3=28/21 4=26/23 5=22/22 6=24/26
Primary drive
Straight cut gears, Ratio 1.85:1
Final drive
Chain, Front sprocket 15, Rear sprocket 41
Clutch
APTC wet multiplate with hydraulic control
Chassis
Frame Tubular steel Trellis frame
Wheelbase 1455mm (57.3in) Rake 24°
Front suspension Marzocchi 43mm usd forks
Front wheel travel 165mm (6.5in)
Front wheel 5-spoke in light alloy 3.50×17
Front Tyre Pirelli Diablo Rosso 120/70 ZR17
Rear suspension
Progressive linkage with adjustable Sachs monoshock. Aluminium single-sided swingarm
Rear wheel travel 141mm (5.6in)
Rear wheel 5-spoke light alloy 5.50×17
Rear tyre Pirelli Diablo Rosso 180/55 ZR17
Front brake
2 x 305mm semi-floating discs, radially mounted Brembo callipers 4-piston, 2-pad
Rear brake
245mm disc, 2-piston calliper
Fuel tank capacity 12.4l – 3.3 gallon (US)
Dry weight 167kg (366lb)
Instruments
Digital unit with displays for: Speedometer, rev counter, lap times, time, oil temp, battery voltage, A & B trips, fuel reserve trip, scheduled maintenance. Warning lights for: Neutral, turn signals, high-beam, rev-limit, oil pressure, fuel reserve. Plus: Immobilizer system
Warranty
2 years unlimited mileage
Body Colour (frame/wheel)
Red (red / black) – Matt white (racing black / black) – Matt black (racing black / black)
Seat height 825mm (32.5in)
Leave a comment