Ketika ajang lomba freestyle diKemayoran minggu lalu, ada salah satu peserta (sepertinya dari tim TDR) menggunakan Yamaha Byson untuk  unjuk kebolehan menantang dominasi Vixion. Nah disitulah saya melihat beberapa ubahan part yang menarik perhatian. Diantaranya pengaplikasian double disk……..

First sight memperhatikan Byson diaplikasi double disk…..pastinya nambah sangar dan ciamik. Sayang dikarenakan modifikasi yang terkesan agak kasar dari opini pribadi sedikit mengurangi hasil yang didapatkan. Namun cukup dimaklumi mengingat siempu hanya bertujuan mendongkrak kemampuan kinerja kuda besi buat berjumpalitan ria….bukan estetika semata.  Oke…langsung saja, ketika diperhatikan adaptor besi pengikat kepala babi sepertinya merupakan hasil homemade….alias modifikasi sendiri. Brother bisa lihat dalam satu kaliper terdapat dua kepala babi…satu bermerk TDR dan satunya…..kepunyaan Byson sendiri??. Sadisnya cakram belakang berukuran sama dengan disk depan standart Byson…gede bener mzbro. Sentuhan tidak berhenti sampai disitu. Cakram depanpun juga dirubah semakin besar. Ketika diintip merk yang digunakan adalah TDR. Guna meningkatkan accelerasi knalpot telah dibobok….bisa dianalisa dari congor muffler yang nongol abnormal.  Tidak lupa sproket gear belakang juga diperbesar, dijamin sekali hentak ban depan langsung ngangkat. Semua modifikasi kuda besi tersebut tentunya sebagai freestyles purposes. Dengan kata lain, jika brother ingin memodifikasi cakram belakang tidak dianjurkan mengganti ukuran kelewat ekstrim seperti itu. Bakal nggak balance hasilnya…terlalu pakem malah berbahaya sebab bisa bikin ban lost grip alias ngefot. Terakhir, monggo dilihat saja hasil jepretan foto dibawah. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi para penunggang Byson yang ingin merubah tromol sikebo dengan disk brake. Ocreee…..(iw/8/12/2010)

35 responses to “Jika Yamaha Byson dipasangi double disk….”

  1. xxl123 Avatar
    xxl123

    pertamakk 😀

    Like

  2. xxl123 Avatar
    xxl123

    sekali2 nyicipin pertamak di warung kebo 😀

    Like

  3. Spies Avatar
    Spies

    “Sang Idola MC”

    *numpang ngakak sedikit mas..
    Wkkkkk… :mrgreen:

    Like

  4. enth Avatar
    enth

    contoh modifikasi sampah. cakram belakang dengan 2 kepala babi ? buat apa ? bukankah rem belakang hanya untuk mengurangi laju, jadi justru tidak butuh terlalu pakem. moge aja rem belakangnya kecil dengan 1 kaliper. itulah ciri modif orang indonesia, yg penting sangar tapi keluar dari filosofi fungsi sesungguhnya.
    modifikasi sampah

    Like

  5. dicky Avatar
    dicky

    @enth

    bro ga baca ya. itukhan buat freestyles purposes

    Like

    1. fadli Avatar
      fadli

      YOMAN ketahuan banget sang penulis anak stuntbumss…haha bantab brooo

      Like

  6. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ XXl123
    Monggo bro. gratis koq 😆
    @ Spies
    Iya…stikernya nggak kalah nyleneh hehehe….
    @ Enth
    Wih…mzbro, komennya dalam dan berisi….
    @ Dicky
    Betul mzbro…semua tergantung dari tujuan dan fungsinya. Teliti juga sibro……..

    Like

  7. Hourex Avatar
    Hourex

    Klo menurut saya
    S A N G A A A R . . . !
    modifnya..

    Aseli saya jg kepengin kek gitu nanti buat simegi Bro..

    Like

  8. ladygagap Avatar
    ladygagap

    @enth terlalu esmosi jadi baca artikelnya judulnya doank xixixixi,makanya kalo baca yg pelan mas,ojo grusa grusu

    Like

  9. puff Avatar
    puff

    tapi bener itu kepala babi 2 klo buat freestyles purposes tujuan buat gaya apa??jarang deh kayany freestyle buth ngerm ban belakang yg ekstrim klo depan iya…

    Like

  10. elsabarto Avatar
    elsabarto

    @8 numpang jawab ya mas Iwan, kepala kaliper 2 dibelakang pasti ada fungsinya dalam freestyle, kan rider suka berdiri di behel belakang saat motor wheelie, nah untuk pengereman pake tuas master rem kiri posisinya dibawah tuas kopling

    nah klo kondisi motor melaju normal untuk pengereman pake master rem injekan kaki

    kenapa piringan belakang gede, ya karena biar bisa mengakomodasi 2 kaliper & braketnya, klo kecil ya pasti mentok ke swing armnya bro 🙂

    Like

  11. anddeep Avatar
    anddeep

    elsabarto mencerahkan
    hehehe….

    Like

  12. damhar Avatar
    damhar

    wakakakak.. sang idola MC, kayak nama grup orkes dangdut :mrgreen:

    Like

  13. asmarantaka Avatar

    jiakkakaka..itu punyaknya MC yak?? :mrgreen:

    Like

  14. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ Lady
    Iki mbak opo mz ya 😆
    @ puff
    Sudah dijawab sama bro Elsa
    @ Elsa
    Nice info mzbro…
    @ Damhar & Asmarantaka
    Emang itu group orkes dangdut mana bro?

    Like

  15. arie sesat Avatar
    arie sesat

    wah, kok ujung knalpotnya dah karatan ya…

    Like

  16. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ Arie
    Congor knalpot bukan aslinya. SOale yg asli nggak nongol seperti itu. Disinyalir modifan mzbro…

    Like

  17. raiderobie Avatar

    tuas di setangnya kok banyak pak bro? fungsinya apa aja itu

    Like

  18. myso Avatar
    myso

    knalpot freeflow ditutup sama cover itu ya mas?

    Like

  19. hazel Avatar
    hazel

    ada byson model thailand g bro?

    Like

  20. Skips Avatar
    Skips

    Bro klo motor buat freestyle berpengaruh/ tdk trhadap mesinya cz waktu standing kan otomatis oli turun/ lebih bnyk dibawah dan jga sebaliknya seperti ngangkat ban blakang, gmn pendapatnya bro.

    Like

  21. dhuwurs Avatar

    baru ngeh kalo dobel kaliper?????

    Like

  22. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ Raideboy
    Bisa lihat komen no.9 dari penjelasan bro Elsa
    @ Myso
    Ini yg saya krng jelas mzbro. Apa knalpot standartnya dibobok? atau knalpot racing. Sepertinya knalpot standart mzbro
    @ Hazel
    Tdk ada bro…
    @ Skips
    Nggak ngaruh mzbro selama pompa oli bekerja normal tetap aman buat mesin

    Like

  23. sayabukanfbyataufbhsayanetral Avatar
    sayabukanfbyataufbhsayanetral

    knalpotnya kok seperti berkarat ya??

    Like

  24. dhimaz Avatar
    dhimaz

    tambah keren bro.
    harusnya dgn harga yg hampir 20 jeti itu udah selayaknya udah pake fitur Rear Disc Brake.
    NMP aja berani kok kasih RDB dgn harga yg lebih murah.

    Like

  25. Spesifikasi Detail Yamaha Byson…

    ok sob manteb banget…thanks…..

    Like

  26. Jerry Avatar
    Jerry

    Bro itu Disc depan Merk TDR itu punya Vixion atau emang ada buat Byson? Kalau punya Vixion Apa perlu rombakan di Baut Discnya. Thx

    Like

  27. yhiping Avatar
    yhiping

    buat bang iwan nanya, kalo cuma box katalisatornya dibuang, trus diganti pipa lurus aja lgsung ke silencer knalpot gimana ? suaranya gimana, trus enginya gimana??

    @dhimas@ biar tromol tetap fungsional, dan aku aja gak keberatan kok beli kebo tu @putih, bandingin sama yang lain @bodi gambot dan desain sangat menawan@sok depan 41mm@veleg+ban guede@benar2 motor gaya motor sport.

    kalo NMP, aku akui masalah enggin mungkin lebih nyentak, dan RDB yang bisa menghemat dompet sekitar 300-1juta, TAPI CEK LEBIH LANJUT kepala kayak REOG PONOROGO,kegedean @spoiler bawah tangki terlalu LEBAY (kalo dibuat ky tiger mlah bgus) , bodi tengah masih kayak yang lama, buntut malah kayak motor CINA, ban standar @ban tahu kotak2 of road+veleg kecil , desainya seakan hanya sedikit berubah dari megapro 2008-9an.. malah bagusan megapro yang kmaren

    Like

  28. redbionic Avatar
    redbionic

    jadi pengen pake rear discbrake euyy..mantepppp..

    Like

  29. adadech Avatar
    adadech

    motor byson yang di pake ama the best fresteyler indonesia nhi..
    buat acara yamaha kemayoran bulan november tahun lalu..
    sipp banget modifna…

    wat si comen no 4.. klo ga tau modifna anak freestyle, mending diem aja..

    Like

  30. Adie Avatar

    Menurut saya mungkin tuas rem tambahan sblh kiri itu berfungsi sbg rem belakang.
    kan saat standing sambil posisi berdiri biasanya kaki kanan bertumpu pd jok, jd sistem rem di akali ato dirubah pake tuas tangan kiri.
    #ini cuma perkiraan yo dab

    Like

  31. bayu Avatar
    bayu

    yang saya tidak mengerti saat wheelie koq bisa yah para stundrider berlama lama wheelie smpai circle wheelie,pdhal aq sering coba wheelie tapi gak sampai bbrapa meter bensin di karburator habis otomatis motor nyentak lgsg turun..yg ingin saya tanyakan :
    Apakah saat melakukan stunt harus wajib memakai motor yg injeksi? soalnya kalau motor karbu saat wheelie sering habis.
    soalnya dlu cuman mkai motor karbu..

    Apakah Mesin Harus di bore up?

    Trim’s moga moga tmen yg ada disini memberikan pencerahannya..

    Like

  32. iwan ikhsan Avatar
    iwan ikhsan

    Mantap modifikasi cakram belakangnya, cukup menginpirasi untuk tanpil beda……makasi mas Bro.

    Like

    1. fauzan ahmad Avatar
      fauzan ahmad

      duble rem musti pakai cakram ya…?

      Like

  33. waroeng pertamax Avatar
    waroeng pertamax

    jelas pilih yang pake mesin honda.. udah pada tau blom. klo rossy angap klo honda it lbih cepat. n setabil. honda memang di hati. tak perlu gaya yang gagah. yang penting nyaman di bawa. tidak bahaya. n tanguh. boncengan ny jga nyaman. mantap. salam one heart

    Like

Leave a comment

IWB

Selamat Datang di Blog Lawas IWB, ini adalah Blog Cikal Bakal Lahirnya Iwanbanaran yang Alhamdulilah Tetap Eksis Hingga Sekarang. Selamat bergabung Cak !

Monggo Gabung disini