Tidak habis rasa heboh atas keputusan BAI menurunkan harga Pulsar 180UG4 serta Pulsar200 kini beredar rumor bahwa Pulsar220 telah matang dipersiapkan untuk menggebrak pasar Indonsia. Hal ini diperkuat oleh kasak kusuk didalam tubuh BAI bahwa The Fastest bike In India ini telah rampung persiapannya dan tinggal prepare segala sesuatu menyangkut strategi marketing serta 3S pendukungnya. Walah…seru nih!!
Harga Pulsar 200 dipangkas 2,1 juta mengikuti sang adik sehingga sampeyan kini bisa menebus kebo hitam dengan hanya mengeluarkan dana 18,9juta…sungguh harga yang bikin ngiler. Torsi besar (17,17nm) ditambah power mesin 18ps sibadak memang terasa sangat memuaskan baik dari segi performa maupun kestabilan. Bagi yang sudah mencobanya pasti mangacungkan jempol buat produk Bajaj ini. Klaim pabrikan penurunan harga yang cukup signifikan bukan lantas menurunkan kualitas. Nah….jika Pulsar200, produk flagship dari Bajaj tanah air telah turun harga bisa diambil kesimpulan bahwa harga Pulsar 220 tidak akan jauh-jauh dari angka 22-23juta. Semua sih berharap posisi harga Pulsar 200 lama (21juta) akan diisi oleh Pulsar220 nantinya. Sungguh menggoda kalau memang itu benar adanya. Coba sampeyan bayangkan…dengan hanya mengeluarkan duit kurang dari 24juta kita sudah disuguhi motor mumpuni dalam hal performa. Seperti apa sih..?? Nih gambarannya…..
Ninja 250r hanya membutuhkan waktu 3,4 detik untuk mencapai kecepatan 0-60km/jam. Ternyata prestasi tersebut didekati oleh Pulsar220. Berdasarkan Zigwheels review P220 dari 0-60km/jam digapai hanya dalam waktu 3,6detik (Ninja 250r 3,4detik). Dari 0-100km/jam P220 membutuhkan waktu 10,5detik (Ninja 250r 8,1detik). Tentunya prestasi ini bisa dibilang luar biasa mengingat mesin Pulsar hanya SOHC dengan kubikasi 220cc. Bandingkan dengan Ninja 250r yang mempunyai twin engine (250cc). Top speed P220 tidak kalah mencengangkan. Walau berat kosong cukup berbobot (150kg) dalam berbagai test ride produk berlambang bluetooth ini rata-rata tembus 145km/jam. Edan bukan..?!. Coba bandingkan dengan produk tanah air dengan kubikasi serta tipe mesin yang sama, P220 seakan tiada lawan. Mungkin hanya Yamaha Scorpio yang mampu meladeni performanya. Cuma satu yang tidak bisa ditandingin oleh sikalajengking yaitu konsumsi BBM yang sangat irit. Kendati sama-sama kencang, P220 dengan pemakaian bervariasi rata-rata 1 liter mampu hingga 51km. Tidak lazim memang karena kencang pasti boros. Namun hal ini tidak berlaku bagi Pulsar 220. So brother jika sampeyan suka speed bakal ada motor alternatif lain selain Scorpio (range harga sama). Bersabarlah karena masa itu tidak akan lama….be patient (iw/7/10/2010)
Bajaj Pulsar 220 DTS-i Specifications
Engine: | |
Type | Air-cooled, 4-stroke Single Cylinder |
Displacement (cc) | 220 cc |
Valve Per Cylinder | 2 |
Carburetor | UCAL UCD 32 |
Maximum Power | 21.04 @ 8500 rpm |
Maximum Torque | 19.12 Nm @ 7000 rpm |
Bore x Stroke (mm) | 67 x 62.4 |
Compression Ratio | 9.5 : 1 |
Staring | Electric |
Transmission: | |
Clutch | Wet Multiplate |
No. Of Gears | 5 |
Gear Shift Pattern: | 1-down, 4-up |
Chassis: | |
Type | Double Cradle Down Tube |
Dimensions: | |
Wheelbase (mm) | 1350 |
Height (mm) | 1165 |
Length (mm) | 2035 |
Width (mm) | 750 |
Ground Clearance (mm) | 165 |
Saddle Height (mm) | 795 |
Kerb Weight (Kgs) | 150 |
Suspension: | |
Front | Telescopic, 130 mm stroke |
Rear | Nitrox, with 90mm travel |
Brakes: | |
Front Disc | 260 mm Disc |
Rear Disc | 230 mm Drum |
Tyres: | |
Front | 90/90 x 17 – Tubeless |
Rear | 120/80 x 17 – Tubeless |
Electricals: | |
Battery | 12V, 9 Ah, Full DC |
Head Lamp – Low | Projector Lamp, 55W |
Head Lamp – High | Ellipsoidal Lamp, 55W |
Tail / Stop Lamp | LED Type |
Horn | DC, 2 |
Fuel: | |
Tank Capacity | 15 Ltrs |
Reserve | 3.2 Ltrs (2.2 Ltrs Usable) |
Leave a comment