Yamaha R15… Gosipkah…????
Cukup kencang beredar rumor bahwa Yamaha R15 akan di luncurkan di Indonesia. Blog-blog ataupun website berita di internet tak henti-hentinya membahas mengenai produk satu ini. Ada yang mencibir tapi banyak juga yang menunggu-nunggu seperti apakah sih bentuk aslinya?..
Ok..sedikit kita bahas lagi. Motor ini katanya jelmaan dari Yamaha Vixion yang telah beredar duluan di sini. Persiiiissss banget..so cuma di kasih fairing?!….benarkah?….mungkin iya kalau di lihat dari fisiknya. Coba bro-bro perhatikan mulai dari chasing mesin, deltabox, sampai buritan belakang, jok-joknya seperti kembar bak pinang di belah dua. Tidak ada yang bisa menyangkal mengenai hal itu..walaupun mungkin semua itu tidak semuanya benar. Yamaha R15 menganut system digital untuk speedo jelas beda dengan vixion yang masih analog. R15 gear speed 6 sementara Vixion maksimum cuma gigi 5 . Lebih jauh tenaga yang di muntahkan oleh R15 pada 8500 RPM bisa mencapai 17 PS di atas Vixion yang hanya mampu 14,6 PS. Untuk sasis tidak ada perubahan berarti. Hanya penambahan perangkat rear disk brake sebagai pengganti sistem tromol pada Vixion. So di jamin pengereman akan lebih maksimal seperti layaknya motorsport sejati. Yamaha paling terkenal dengan kemampuan sasisnya yang mumpuni. Yoichi Ui, penunggang motor Yamaha TZ125 serta TZ250 Juara GP125 all Japan Road Race 1995 serta pemenang GP250 All Japan Road race tahun 2006, 2007 mengakui Bahwa R15 mempunyai handling yang cukup bagus untuk kelas motor ringan. Riding impression di acungi jempol oleh Yoichi. Menurut website resmi Yamaha India, motor tersebut di jajal langsung olehnya di sirkuit kecil daerah sono. Respon motor sangat balance waktu di lakukan pengereman maksimal di tikungan tajam ataupun rebah pada sudut kemiringan ekstrim benar-benar mencengangkan si doi.
Harga…faktor satu ini yang kadang bikin orang mikir 2 kali buat beli barang. Untuk R15 belum tahu harga pastinya walau sudah di bahas di berita-media kepastian satu itu belum tersentuh sama sekali. Boro-boro harga, mengenai kepastian launchingnya saja masih simpang siur……biasa budaya YMKI paling senang bikin berita secara premature tapi kemunculan produknya sendiri lemot kayak keong. Bro-bro semua pasti masih ingat gimana si Vixion bikin gonjang ganjing di negeri ini hampir setahun baru benar-benar resmi nongol di pasaran. Kalau menurut analisa gua sih seandainya confirmed kemungkinan besar kondisi CKD untuk di pasarkan di sini kalau di lihat dari faktor kapasitas produksi yang sudah mentok. Bisa di bayangkan kalau betul kondisinya CKD jangan harap harga akan murah. Walau ada selentingan berita bahwa harga tidak terpaut jauh dari Yamaha Vixion, masih banyak yang meragukan hal itu. So mari kita dinginkan suasana dulu…jangan terhanyut sama berita-berita yang tidak ada ujung pangkalnya…yuk mariii (Iw/march09)
Sekilas Spesifikasi Yamaha R15
Engine type | Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve |
---|---|
Cylinder arrangement | Single cylinder |
Displacement | 149 .8cc |
Bore & Stroke | 57×58.7mm |
Compression ratio | 10.4:1 |
Maximum power | 17PS / 8,500rpm |
Maximum torque | 15 N.m / 7,500rpm |
Starting system | Electric Start |
Lubrication | wet sump |
Engine oil capacity | 1.0 liters |
Fuel tank capacity | 12 liters |
Fuel supply system | Electronic fuel injection |
Ignition system | T.C.I |
Primary / Secondary reduction ratio | 3.042 / 3.000 |
Clutch type | Constant-mesh wet multi-plate |
Transmission type | Return type 6-speed |
Gear ratios | 1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd:=1.364, 4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84 |
Frame type | Deltabox Frame |
---|---|
Caster / Trail | 26° / 100mm |
Tire size (Front / Rear) | 80/90-17 / 100/80-17 |
Brake type (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) |
Suspension type (Front / Rear) | Telescopic / Linked type Monocross |
Headlight | 12V35W / 35W+35W |
Overall length x width x height | 1,995mm x 670mm x 1,070mm |
---|---|
Seat height | 790mm |
Wheelbase | 1,290mm |
Minimum ground clearance | 160mm |
Dry weight / Curb weight | 120kg / 131kg |
Leave a comment